DUTA PETANI MUDA

CREATIVE AND INOVATIVE AGRIPRENEUR

Apa itu Duta Petani Muda?

Duta Petani Muda atau Young Agripreneurs Ambassador merupakan inisiatif yang digagas oleh para anggota Komunitas Inovasi Jaringan AgriProFocus - Anak Muda di Pertanian. Komunitas ini dibentuk pada 2013, dan beberapa organisasi yang aktif diantaranya adalah  Oxfam di Indonesia, Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), East West Seed Indonesia (Ewindo), KAIL, dan Ethical Tea Partnership (ETP) Indonesia. Koalisi beberapa organisasi ini berangkat dari kekhawatiran semakin menurunnya minat anak muda untuk bekerja di pertanian. Jika tidak ada yang mau bekerja di pertanian, lalu siapa yang akan menyediakan pangan bagi kita?

Menjawab kekhawatiran di atas, pada tahun 2014 untuk pertama kalinya koalisi ini menyelenggarakan Duta Petani Muda. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pertanian dan agribisnis kepada anak muda sebagai sebuah profesi yang menjanjikan; untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap sektor pertanian, dengan menggambarkan pertanian yang memanfaatkan teknologi dan teknik pertanian modern serta peluang-peluang lain dari sektor ini; untuk mempromosikan pengakuan peran perempuan di pertanian; serta menghubungkan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap anak muda di pertanian. Dengan tujuan yang sama, untuk kali kedua Duta Petani Muda diselenggarakan pada tahun 2016.

Ikhtiar ini terbukti sangat efektif mengangkat citra pertanian diantara anak muda dengan pemilihan role model dan showcasing  usaha agribisnis inovatif yang dirintis anak muda. Setelah pemilihan, para petani muda ini menjalankan misinya untuk mempromosikan pertanian ke anak muda lain sekaligus mendapatkan mentoring untuk peningkatan kapasitas.

Upaya mempromosikan pertanian ke anak muda demi keberlanjutan sistem pangan masih jauh dari selesai.  Untuk itu, pemilihan Duta Petani Muda perlu diselenggarakan kembali di tahun 2018. Siapa yang dapat berpartisipasi? Mereka adalah yang:

  • Berusia dibawah 35 tahun
  • Memiliki usaha (budidaya, orises/pasca panen, dagang) di sektor pertanian (tanaman, ternak, ikan) yang telah berjalan selama 2 tahun